PSI Resmi Dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim


Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendukung pasangan Cagub Khofifah Indar Parawansa dan Cawagub Emil Dardak dalam Pilkada Jawa Timur 2018.

Dukuangan resmi kepada pasangan nomor urut 1 dalan Pilkada Jawa Timur ini berlangsung di Kantor DPP PSI, Jalan Wahid Hasyim, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (2/5/2018).

Ketua Umum PSI, Grace Natalie menyatakan ada tiga alasan PSI mengarahkan dukungan kepada pasangan Khofifah-Emil itu.

Pertama, pasangan Khofifah-Emil punya komitmen yang jelas terhadap sikap antikorupsi.

“Buat kami, sikap antikorupsi tak bisa ditawar. Kami hanya mendukung pasangan yang secara tegas akan melawan dan menjauhkan diri dari praktik-praktik korupsi,” kata Grace.

Kedua, pasangan tersebut secara nyata menoIak intoleransi sekaligus menghargai keberagaman. Bagi PSI, dua masaIah besar Indonesia sekarang adaiah korupsi dan intoleransi.

“Jika pasangan kandidat pemimpin daerah tak punya pendirian jelas soai intoleransi, itu masaIah. PSI tidak akan mendukungnya ketimbang merasa bersalah kelak,” terang Grace.

Lebih lanjut, kata Grace, pasangan Khofifah-Emil merepresentasikan generasi milenial, terutama yang diwakiii sosok Emil Dardak.

”Emil merupakan salah satu contoh milenial terbaik. Kompeten, berintegritas, kreatif, dan visioner,” terang Grace.

Untuk mendongrak elektabilitas, Grace berkomitmen untuk menggerakan mesin-mesin partainya untuk memenangkan pasangan Khofifah-Emil.

Sementara itu, Emil menyampaikan terima kasih atas dukungan PSI. Emil mengatakan dukungan PSI semakin menambah semangat dirinya dan Khofifah untuk berlaga di Pilkada Jawa Timur 2018.

”Dukungan PSI, sebagai partai kaum milenial, sangat berarti. Ini iuga menjadi penegasan pentingnya kaum muda untuk maju di arena poiitik,” kata Emil.

Kemudian, Grace menyerahkan tanda tangan dukungan PSI kepada Emil langsung. Grace juga menyematkan jaket merah bertuliskan PSI sebagai simbol dukungan penuh untuk pasangan Khofifah-Emil.

Emil Dardak, yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan PSI terhadap dirinya. Bagi dia, dukungan ini merupakan bagian dari majunya generasi muda untuk lebih berperan dalam pembangunan di Jawa Timur.

Peran pemuda, kata Emil, tidak hanya direpresentasikan dengan cara, misalnya, berdemo kepada pemerintah. “Tapi pemuda sebagai sebuah entitas politik yang berbicara benar jika pemerintah benar. Dan berani mengkritik secara elegan jika salah,” kata Emil.

Ada tiga alasan PSI mengarahkan dukungan kepada ibu Khofifah Indar Parawansa dan bro Emil Dardak,” ujar Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie dalam acara deklarasi dukungan PSI bagi Khofifah-Emil, di DPP PSI, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan alasan pertama partainya mendukung Khofifah-Emil karena pasangan nomor urut satu itu memiliki komitmen jelas terhadap sikap antikorupsi.

“Buat kami sikap antikorupsi tidak bisa ditawar. Kami hanya mendukung pasangan yang secara tegas akan melawan dan menjauhkan diri dari praktik-praktik korupsi,” jelas Grace.

Alasan kedua, pasangan itu dinilai nyata menolak intoleransi sekaligus menghargai keberagaman.

“Jika pasangan kandidat pemimpin daerah tidak punya pendirian jelas soal intoleransi, itu masalah. PSI tidak akan mendukungnya ketimbang merasa bersalah kelak,” tutur Grace.

Ketiga, PSI menilai pasangan Khofifah-Emil merepresentasikan generasi milenial, terutama sosok Emil yang disebut sebagai salah satu contoh milenial terhaik, kompeten, berintegritas, kreatif dan visioner.

Kami membudayakan ini untuk membangun tradisi politik yang sehat,” jelas Grace.

Sementara itu, Emil Dardak menyatakan dukungan tambahan dari PSI akan menambah semangat dirinya bersama Khofifah untuk berlaga di Pilgub Jatim.

“Dukungan PSI sebagai partai kaum milenial sangat berarti. Ini juga menjadi penegasan pentingnya kaum muda untuk maju di arena politik,” jelas Emil, yang hadir dalam deklarasi dukungan itu.

Emil menyampaikan salam dari Khofifah yang berhalangan hadir pada acara deklarasi itu.

“Ibu Khofifah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Bagi beliau bergabungnya PSI memberikan motivasi bagi beliau untuk dapat berjuang memimpin Jawa Timur,” jelas Emil.

Pilgub Jawa Timur diikuti dua pasangan calon, yakni nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan pasangan nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno.

Diskusi di Facebook


Like it? Share with your friends!

Redaksi Portal
Platform media yang independen/netral tidak berpihak kepada siapapun yang menyajikan berita dari media arus utama di Indonesia.