Soeharto Presiden Paling Berhasil Sepanjang Sejarah


Portal.co.id – Fadli Zon selaku Wakil Ketua Umum Partai Gerindra setuju bila Soeharto disebut Presiden paling berhasil. Hal tersebut disampaikan Fadli menanggapi hasil survei Indo Barometer yang dirilis Minggu (20/5/2018).

“Saya sependapat ya, menurut saya Pak Harto itu presiden paling berhasil. Indikator-indikatornya jelas,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Menurutnya di era pemerintahan Soeharto, kemiskinan turun drastis hingga mencapai 11 persen. Fadli melanjutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga meningkat pesat di era pemerintahan Soeharto. Ia pun mengatakan pertumbuhan Indonesia dari minus bisa mencapai angka 7 persen.

“Inflasi kita luar biasa waktu itu sampai ratusan persen. Angka kemiskinan, pengangguran turun dengan trilogi pembangunan, pertumbuhan, pemerataan dan stabilitas nasional. Saya kira Orde Baru banyak berhasil,” ungkap Fadli.

Namun, ia mengakui masih banyak kekurangan di era Orde Baru, khususnya di sektor politik. Fadli mengakui di era Soeharto masyarakat tak memilki kebebasan berpendapat.

“Jadi setiap rezim pasti ada kelebihan dan kekurangan. Tapi dari sisi ekonomi pemerintah Orde Baru dulu sukses. Tentu ada korupsi, ada kolusi, nepotisme tapi sekarang juga lebih dahsyat kok dari zaman itu,” papar Fadli.

Presiden kedua RI Soeharto dinilai sebagai presiden yang paling berhasil dalam memimpin Indonesia. Ini merupakan hasil survei Indo Barometer terhadap 1.200 responden pada 15 hingga 22 April 2018. Pengumpulan data survei dilaksanakan menggunakan teknik wawancara tatap muka responden melalui kuisioner.

“Sebanyak 32,9 persen responden memilih Soeharto sebagai presiden yang paling berhasil di Indonesia,” ucap Direktur Eksektufi Indo Barometer, Muhammad Qodari dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu (20/5/2018).

Diskusi di Facebook


Like it? Share with your friends!

Redaksi Portal
Platform media yang independen/netral tidak berpihak kepada siapapun yang menyajikan berita dari media arus utama di Indonesia.